0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Prof Soetrisno Dikukuhkan Sebagai Guru Besar ke 190 UNS

Pengukuhan Guru Besar UNS (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Prof Dr Soetrisno dr SpOG (K) dikukuhkan sebagi Guru Besar bidang Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedoteran UNS. Pengukuhan ini oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi di Auditorium UNS, Kamis (25/1). Prof Dr Soetrisno merupakan guru besar ke 190 UNS.

“Stressor kehamilan dan persalinan sampai saat ini masih merupakan persoalan diantara para ahli, sehingga pengobatannya belum berdasarkan atas pathogenesis yang jelas atau pengobatan yang tidak rasional,” ungkap Soetrisno saat menyampaikan pidato pengukuhan guru besar.

Jika hal tersebut dibiarkan berlanjut, kata Soetrisno, maka akan timbul berbagai komplikasi dengan mekanisme yang belum jelas, sehingga semakin menyulitkan pengobatan rasional komplikasi persalinan akibat stressor kehamilan dan persalinan, dengan dampak kerugian yang lebih besar.

Soetrisno mengemukakan, hasil survei ternyata sebagian besar sekitar 80 persem ibu hamil mengalami rasa kawatir, was-was, gelisah, takut dan cemas dalam menjalani kehamilannya. Perasaan yang muncul ini diantaranya berkaitan dengan keadaan janin yang dikandungnya, ketakutan dalam menghadapi persalinan, serta perubahan fisik maupun psikis yang terjadi. Penelitian lain menyebutkan bahwa pada umumnya reaksi psikologis dan emosional wanita yang pertama kali hamil adalah rasa kecemasan, kegusaran, ketakutan dan kepanikan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge