0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bersama Pemkab, PSC Dampingi Lansia

PSC menyerahkan bantuan sembako ke lansia (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Sebanyak seratus orang lanjut usia (Lansia) asal Kabupaten Karanganyar mengikuti penyuluhan kesehatan dan sosialisasi haknya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (25/1). Diharapkan, kegiatan itu merepresentasikan Karanganyar ramah lansia dan percontohan di Indonesia.

“Disampaikan ke mereka tentang hak dan kesejahterannya. Termasuk kesehatan yang perlu diperhatikan pemerintah. Oleh karena itu, kami menghadirkan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan,” kata Ketua Pejuang Social Community (PSC), Marfuah Dwiyanti kepada wartawan usai kegiatan itu di rumah dinas bupati, Kamis (25/1).

Dalam forum itu disampaikan, pemerintah Kabupaten Karanganyar telah memberikan perhatian khusus terhadap lansia dengan program bantuan warga umur 70 tahun ke atas.

“Kami minta kepada Dinsos untuk data lengkap jumlah Lansia di Kabupaten Karanganyar untuk diberikan bantuan baik berupa uang ataupun paket sembako,” jelas Bupati Juliyatmono yang hadir memberikan sambutan.

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo mengatakan pentingnya manula berinteraksi dan terus belajar agar terhindar dari kepikunan.

“Mengajarkan mandiri agar anak cucu dapat mencukupi kebutuhannya sendiri, belajar berkomunikasi dengan keluarga supaya tetap didampingi,” terangnya.

Dikatakan, terdapat 500 posyandu Lansia di Kabupaten Karanganyar namun hanya sekitar 60 posyandu itu memiliki alat cek kesehatan lengkap. Usai menerima sosialisasi, lansia diberi uang santunan dan sembako.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge