0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kalahkan Samsung, Xiaomi Duduki Posisi 1 di India

Xiaomi kalahkan Samsung. (gsmarena.com )

Timlo.net—Ada perubahan kepemimpinan di pasar smartphone India. Xiaomi sekarang menduduki posisi pertama dengan pangsa pasar 27%. Perusahaan itu berhasil mengalahkan Samsung yang memiliki pangsa pasar 25 persen di India selama kuartal terakhir 2017.

Xiaomi memasarkan 8,2 juta unit smartphone. Sedangkan Samsung berhasil memasarkan 7,3 juta unit smartphone, tulis GSM Arena. Samsung mengalami pertumbuhan year on year sebesar 17 persen. Tapi ternyata tidak cukup karena pertumbuhan pasar mencapai 6%.

Data ini berasal dari Canalys. Perusahaan itu menyatakan jika kesuksesan Xiaomi karena adanya pabrik Xiaomi di India. Pabrik ini memiliki kewenangan untuk menentukan strategi, marketing dan jajaran produk yang akan dirilis di negara itu. Tapi 2018 tidak akan menjadi tahun yang mudah untuk Xiaomi. Para analis percaya jika smartphone Xiaomi mulai mendekati titik jenuh di India. Di Cina sendiri pangsa pasar Xiaomi sendiri berkurang. Akan tetapi perusahaan itu tetap memperoleh kesuksesan di dua negara ini. Keduanya mewakili pasar smartphone terbesar di dunia.

Sementara untuk Samsung, harga smartphone yang relatif mahal menjadi faktor penyebab kemunduran mereka. Sedangkan permintaan masyarakat terhadap smartphone Galaxy kelas entry-level di India lemah. Samsung diperkirakan akan memperkuat bagian Resources & Development (R&D) dan jaringan pasokan mereka di sana untuk merebut pasar kembali. Selain kedua perusahaan ini, ketiga brand lainnya yang menguasai India adalah Vivo, Oppo dan Lenovo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge