0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

OJK: Bank Bisa Menurunkan Bunga

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebesar 4,25 persen dinilai masih cukup stabil. Namun, suku bunga tersebut masih bisa diturunkan lagi, melihat kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

“Kondisi sekarang memungkinkan bank bisa menurunkan bunga,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso di Jakarta, Kamis (25/1).

Mantan Komisaris Utama Bank Mandiri ini pun mengatakan bahwa, rendahnya suku bunga tidak akan mempengaruhi keuntungan yang akan didapatkan bank. Karena itu, dia meminta agar pihak bank tidak sampai salah persepsi dengan dorongan bunga rendah ini yang disampaikan OJK.

“Saya janji tidak akan membatasi margin (keuntungan) bank. Kalau ada capping (pembatasan) bunga deposito itu tidak akan pengaruh,” imbuhnya.

“Karena dengan bunga rendah ini akan menstimulasi dari berbagai sudut. Kalau bunga kredit rendah, maka permintaan kredit bisa semakin tinggi, ini juga yang harus dilihat,” tandasnya.

Sebelumnya, Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) pada Januari 2018. Suku bunga acuan bulanan dipertahankan sebesar 4,25 persen.

“Rapat Dewan Gubernur pada 17 hingga 18 Januari 2018 memutuskan mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate tetap sebesar 4,25 persen,” ujar Asisten Gubernur Kepala Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dodi Budi Waluyo, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (18/1).

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge