0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Atap BCB Dalem Suryohamijayan Ambrol, Begini Kondisinya

Atap BCB Dalem Suryohamijayan ambrol (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dalem Suryohamijayan di kampung Suryohamijayan RT 01 RW 01, kelurahan Baluwarti, komplek Kasunanan Surakarta, ambrol. Ambrolnya bagunan berusia 250 tahun tersebut terjadi pada Kamis (25/1) pagi, sekitar pukul 07.00 WIB.

“Tadi pagi saat saya menyapu halaman pendapa, tiba-tiba ambrol bagian atapnya,” ungkap Suratman, karyawan yang bertugas menjaga bagunan tersebut.

Menurut Suratman, bangunan tersebut merupakan aset dari Yayasan Purna Bakti Pertiwi. Dahulu bangunan yang dibangun oleh Pakubuwono IV pada 1786 tersebut digunakan sebagai lokasi kegiatan gerakan Laskar Putri di bawah pimpinan Ibu Tien Suharto.

“Kalau sekarang biasanya untuk latihan ketoprak dan karawitan, seminggu empat kali pertemuan,” terangnya.

Sementara anggota Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Fahmi Manaf mengatakan, pihaknya telah melakukan identifikasi awal perihal ambruknya atap bangunan yang ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya (BCB) tahun 2012 tersebut.

Dari hasil identifikasi awal, kerusakan atap bangunan mencapai luas 10 x 20 meter. Selain itu tembok pembatas ruang pendopo dan ruang tengah juga mengalami kemiringan.

“Selain itu ada retakan di tembok pembatas itu. Saat ini identifikasi telah selesai, dan kita serahkan pada tim Ahli Cagar Budaya Solo untuk penanganan lanjutan,” katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Berdasarkan pengamatan Timlo.net di lapangan, beberapa gamelan yang ada di dalam pendopo juga telah digeser ke ruang yang lebih aman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge