0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Penyelenggara Umrah Tidak Boleh Putar Uang Jamaah untuk Bisnis

Lukman Hakim Saifuddin (merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah melakukan pembenahan terkait penyelenggaraan ibadah umrah. Ada beberapa hal yang dilakukan, salah satunya pengetatan regulasi.

“Maksimal hanya tiga bulan calon jamaah umrah menunggu untuk diberangkatkan,” kata Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di Makassar, Kamis (25/1).

Ditambahkan, para Penyelenggara Pemberangkatan Ibadan Umrah atau PPIU tidak boleh lagi memutar uang jamaah untuk bisnis yang tidak ada hubungannya dengan umrah.

“Selama ini begitu, pemberangkatan calon jamaah ditunda-tunda, seperti arisan, baru bisa berangkat setelah satu atau dua tahun menunggu. Itu sudah tida boleh karena biro travel umrah harus betul-betul bisnisnya adalah memberangkatkan jamaah umrah bukan gunakan dana itu untuk bisnis lain,” tandasnya.

Hal kedua yang dilakukan terkait bisnis travel umrah ini, lanjut Lukman, adalah membangun aplikasi berbasis teknologi informasi yang diberi nama Sipatuh atau Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji.

“Akan dilakukan kontrol ke semua travel melalui aplikasi online. Di sini akan dikontrol berapa jumlah jamaah yang sudah keluar visanya, hotelnya di mana, gunakan maskapai apa untuk pulang pergi dan semua bisa mengaksesnya.”

[ded]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge