0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Digagalkan, Pengiriman Narkoba Jenis Baru Via Semarang

Narkoba dari Polandia (merdeka.com)

Timlo.net – Pengiriman narkoba jenis baru, new psychoactive substances (NPS), digagalkan petugas Bea dan Cukai Tanjung Emas Semarang. Barang haram tersebut dikirim dari Polandia dan China melalui pos dan sudah satu bulan tidak diambil oleh penerima.

“Alamat yang dituju juga fiktif, saat kita dalami tidak ada alamat tersebut. Setelah tidak diambil, dibuka dan isinya narkoba,” jelas Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah, Brigjen Pol Tri Agus Heru di Kantor BNNP Jateng, Kamis (25/1).

Paket dari Polandia ditujukan kepada Kristianto dengan alamat Jalan Pancakarya Semarang. Sementara yang dari China, kepada Antoni Noor yang beralamat di Jalan Sendangguwo Semarang Timur.

“Dari keterangan Bea dan Cukai, kiriman dari Polandia ini termasuk tidak umum. Sehingga berkoordinasi dengan BNN,” kata Tri Agus. Paket tersebut diserahkan ke BNN pada 22 Januari 2018.

Tri Agus mengungkapkan, paket dari Polandia terdiri dari 1 bungkus berisi 2 paket serbui kristal dengan berat 26 gram. Sementara yang dari China, 1 bungkus dengan 4 paket bubuk warna putih, 1 paket bubuk warna kuning, 1 paket butiran kristal bening dengan total berat 17 gram.

“NPS ini efeknya lebih ‘slow’ dari sabu, baik dari efek halusinasi maupun lamanya,” jelasnya.

Dikatakan dia, saat ini teridentifikasi ada 800 jenis narkoba dan yang masuk jenis baru dan ada di Indonesia tercatat 64 narkoba.

“Dari jumlah tersebut, baru 42 jenis yang masuk dalam Permenkes,” kata Tri Agus.

Kiriman narkoba jenis baru ini, lanjutnya, adalah temuan pertama di tahun 2018.

[rzk]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge