0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Belasan Rumah Terancam Longsor, Akses Antar Kecamatan Terputus

Bencana alam tanah longsor terjang rumah warga (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Tanah longsor di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri mengakibatkan satu rumah warga jebol, Rabu (24/1). Selain itu, akses jalan dari Jatiroto-Bugelan (Kismantoro)-Pakisbaru, Pacitan (Jatim) pun terputus. Lebih ngeri lagi ada belasan rumah warga yang terancam longsor.
“Rumah milik Sunar (45) warga Dusun Sugihan, Desa Brenggolo rusak parah diterjang tanah longsor. Saat ini kondisi rumah itu juga pada posisi miring. Jika nanti turun hujan deras lagi kemungkinan bisa amblas, maka warga sekitar sudah kita imbau untuk mengungsi ke rumah sanak familinya,” ujar Kepala Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Misdi, Kamis (25/1).
Dijelaskan, jarak luncuran material dari atas tebing dengan pemukiman warga sekitar 100 meter. Menurut Kades, hujan denganĀ  intensitas tinggi mengguyur wilayah itu sejak Rabu siang, bahkan hingga malam hari tak kunjung reda.
“Ada sekitar sembilan rumah yang saat ini terancam longsor, apabila hari ini kembali hujan deras maka warga kita imbau untuk lebih waspada dan berhati-hati,” paparnya.
Menurut dia,tanah longsor juga memutus akses lintas kecamatan, yakni di Dusun Gemawang menuju Desa Bugelan Kismantoro dan Pakisbaru, Pacitan. Badan jalan tersebut kini tertimbun longsoran material dengan sepanjang hampir 100 meter.
“Sebenarnya jalan itu baru saja selesai dibersihkan, ya sekitar lima kali kerja bakti. Karena waktu dampak badai cempaka beberapa bulan lalu juga tertimbun longsoran lagi,” jelasnya.
Lebih lanjut Misdi menambahkan, untuk akses menuju Pakisbaru, Pacitan atau sebaliknya sementara tidak dapat dilalui. Saat ini, warga, relawan dibantu TNI/ Polri tengah melakukan upaya evakuasi paska bencana alam tanah longsor.
“Sementara untuk akses menuju Bugelan, Kismantoro, oleh warga dibikin jalan darurat dengan menggunakan kayu glugu (pohon kelapa),” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge