0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Anggota Satgas Kesehatan TNI Dikirim ke Papua

Satgaskes TNI (merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 206 personel pasukan satuan tugas kesehatan (Satgaskes) diberangkatkan ke Papua, Kamis (25/1). Mereka ditugaskan untuk menanggulangi Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah penyakit campak.

Kepala Pusat Kesehatan TNI, Mayjen Ben Yura Rimba mengatakan Satgaskes memiliki tugas tak hanya menangani yang telah terkena wabah. Juga berupaya untuk menghentikan wabah itu agar tidak menyebar.

“Kita ada pendeteksian awal potensi kemungkinan terjadinya kejadian luar biasa (KLB) dan hal apa yang terdapat pada kesehatan kita ada dua tim-tim kesehatan itu sendiri yang akan menganalisis kenapa itu bisa terjadi sehingga kita tahu dampak dan kita bisa mengantisipasi dampaknya seperti apa,” ujar dia di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (25/1).

Ben mengatakan Satgaskes telah menyiapkan logistik untuk segala kemungkinan. Apakah untuk menangani campak, malaria, maupun kolera.

“Kita semua bekali alat penjernih air, obat obat pedoman pedoman kesehatan seluruh protap dan prosedur kita lakukan,” ucapnya.

Satgaskes ini akan bertugas sepanjang tahun di wilayah Asmat, Timika, Papua dan Papua Barat. Setiap 9 bulan akan dirotasi sampai wilayah tersebut bebas dari wabah.

Tenaga medis dikerahkan dari dokter spesialis, serta paramedis dari Puskes TNI, Puskes TNI AD, Diskes TNI AL, dan Diskes TNI AU. Letkol Ckm Shohibul Himi memimpin Satgaskes yang terbagi dalam kelompok Makas Komando Satuan Tugas (Makosatgas), Seksi Markas (Sima), Tim Analisis, Tim Pemeliharaan dan Pencegahan (Harcegah), Tim Evakuasi, Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) dan Pleton Pengawal.

“Untuk crew ada 200 personel dan 6 dokter spesialis di gelombang pertama dan 23 dokter umum sisanya perawat pembantu perawat dan pejabat teritorial,” ujarnya.

Sebelumnya, wilayah Asmat, Papua, dilanda wabah penyakit campak juga gizi buruk. Akibatnya, puluhan anak di sana meninggal dunia. Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan Panglima TNI juga Kapolri untuk mengutus pasukan menangani wabah tersebut.

[rzk]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge