0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Mengenang Achmad Soetardjo, Pengawal Bung Karno Ini Ternyata Orang Sragen

Pemakaman Achmad Soetardjo, mantan pengawal Bung Karno di Makam Manding, Sragen. (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Mantan pengawal Presiden RI pertama, Bung Karno, Achmad Soetardjo tutup usia. Orang asli Sragen ini meninggal di usia 101 tahun di kediamannya, Jl Slamet Riyadi No 82, Kampung Cantel Kulon, Kelurahan Sragen Kulon, Kecamatan Sragen pada Selasa (23/1). Namun jenaszahnya baru dikebumikan di pemakaman umum Manding, Sragen, Rabu (24/1).

“Bapak meninggal karena sakit tua pada usia 101 tahun. Meninggalkan 14 orang anak dari dua istri dan 23 cucu,” kata anak kedua Achmad Soetardjo, Eddy Hary Susanto (63), Rabu (24/1).

Usai pemakaman Hary menuturkan, Achmad Sutardjo merupakan pensiunan TNI pada tahun 1965 silam. Semasa hidupnya pernah menjalani karier militer sebagai salah satu pengawal Presiden Soekarno.

“Namun di tahun 1965 bapak memilih untuk pensiun dengan pangkat letnan dua. Waktu itu terjadi pergolakan politik. Tapi karena beliau tidak mau ikut blok sana sini, makanya mengajukan pensiun dini,” terang Eddy Hary Susanto kepada wartawan.

Setelah pensiun Sutardjo sempat pindah ke Yogjakarta selama beberapa tahun sebelum akhirnya tahun 1990-an hijrah dan menetap di Sragen hingga tutup usia. Sutardjo di mata Hary adalah sosok tentara yang sederhana dan tidak hidup dalam kemewahan.

Sementara anak pertama Sutardjo, Eddy Herwanto (65) menyampaikan, sebelum menjadi pengawal Bung Karno, Sutardjo pernah terkibat dalam perang kemerdekaan di Kalimantan dan ikut merebut kembalinya Yogjakarta dari tangan penjajah. Terakhir menjadi staf di Mabes ABRI (sekarang TNI).

Sutardjo termasuk seorang prajurit yang punya banyak pengalaman dalam sejumlah operasi dan pernah ikut terjun payung sekitar 10 kali. Selain itu Sutardjo juga jarang mengurus soal kenaikan pangkat. Pangkat terakhirnya hanya letnan dua dan saat pensiun naik satu tingkat jadi letnan satu.

“Bapak itu termasuk orang yang malas ngurus pangkat,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge