0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

45 Siswa Sekbang Jalani Latih Terbang Dasar

Sisbang angkatan 95 menjalani latih dasar penerbangan di hanggar grob Lanud Adi Soemarmo Solo  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Sebanyak 45 siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) menjalani latih terbang dasar di Hanggar Grob Lanud Adi Soemarmo, Solo, Rabu (24/1) siang. Dengan menggunakan pesawat jenis Grob GT 120 buatan Jerman, rencananya mereka akan menjalani latihan selama delapan bulan.

“Latih dasar ini merupakan lanjutan dari bina kelas yang telah dilakukan sebelumnya,” terang Danskadik 101 Lanud Adi Sucipto, Letkol Pnb Humaidi Romas, Rabu (24/1) siang.

Dalam latih dasar yang dijalani oleh para siswa Sekbang angkatan 95 ini, kata Letkol Romas, mereka akan diajarkan mulai dari penyalaan mesin atau start engine,mengemudikan pesawat di landasan atau taxy go hingga lepas landas dan pendaratan atau touch and go. Usai menguasai latih dasar tersebut, para siswa Sekbang bakal meneruskan pendidikan ke tingkat lanjut di Skuadron  Pendidikan (Skadik) Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

“Setelah ini, mereka akan melakukan latih terbang lanjut,” jelas Letkol Romas.

Berdasar pengalaman tahun lalu, lanjut Letkol Romas, tidak semua siswa Sekbang lulus mengikuti pendidikan tersebut. Meski begitu, secara rata-rata hasil yang diperoleh oleh puluhan siswa Sekbang yang dididik tergolong memuaskan.

“Untuk tahun kemarin, lolos 100 persen. Tapi, dua tahun lalu tingkat kelolosan siswa mencapai 90 persen. Jadi, meski mengikuti pendidikan ini tidak serta merta langsung lulus memuaskan. Ada kriteria khusus yang musti dicapai,” katanya.

Pihaknya berharap, para siswa yang mengikuti pendidikan benar-benar serius dalam mengikuti pendidikan sehingga output yang diperoleh juga memuaskan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge