0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sekitar 90% Pengguna Gmail Tidak Aktifkan Otentifikasi Dua Faktor

Gmail di iPhone. (ubergizmo. )

Timlo.net—Memastikan akun online kita aman adalah hal yang semakin penting sekarang ini. Ancaman online terus bertambah hari demi hari. Oleh karena itu kita harus memakai semua alat yang tersedia untuk membuat akun online kita terlindungi. Seperti layanan online lainnya, Gmail menawarkan otentifikasi dua faktor sebagai tambahan keamanan untuk para pengguna. Tapi ternyata hanya 90 persen lebih para pengguna Gmail yang tidak menggunakan fitur itu.

Teknisi software Google Grzegorz Milka mengungkapkan hal ini pada konferensi keamanan the Usenix Enigma 2018. Lebih dari 90 persen pengguna aktif Gmail tidak melindungi akun mereka dengan otentifikasi dua faktor, tulis Ubergizmo.

Otentifikasi dua faktor memerlukan dua lapis keamanan supaya pengguna bisa login. Keduanya adalah password dan kode yang dikirim ke smartphone. Fitur keamanan ini ditawarkan untuk mengurangi resiko seseorang menghack akun Gmail pengguna. Terutama jika password mereka berhasil dibobol mengingat banyak orang menggunakan password yang sama.

Grzegorz ditanya kenapa Google tidak membuat otentifikasi dua faktor ini sebagai fitur wajib untuk para pengguna. Dia menjawab Google tidak bisa melakukan hal ini. “Ini tentang berapa banyak orang yang akan kami giring keluar jika kami memaksa mereka menggunakan tambahan keamanan,” katanya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge