0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Soal Penurunan Harga Tiket Bus AKAP, Ini Tanggapan Dishub

Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Menyikapi keluhan pengusaha bus lokal, Organda dan Dinas Perhubungan Wonogiri pun mengambil langkah cepat, dimana  para pengusaha bus AKAP luar daerah diajak duduk satu meja, dan bahkan dirangkul dalam satu paguyuban. Meski begitu, dinas tak berkutik lantaran harga tiket bus non ekonomi tidak ada regulasinya yang mengikat dan justru dikembalikan kepada pasaran.
“Soal penurunan harga tarif itu sudah kita selesaikan pekan lalu.Kita gelar rapat koordinasi dan penertiban, dan hasilnya penurunan harga tiket itu disepakati dibatalkan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Wonogiri, Ismiyanto, Selasa (23/1).
Dijelaskan, adanya penurunan harga tiket bus AKAP luar daerah dimana dari harga standar Rp 175 ribu perkursi menjadi Rp 135 ribu perkursi. Ia menyebut, langkah penurunan harga tiket itu bersifat promo. Bahkan setelah dilakukan rapat koordinasi, promo itu telah disepakati untuk dicabut.
Dalam pertemuan itu menghasilkan dua kesepakatan, yakni dibentuknya paguyuban di luar Organda, dan penurunan harga tiket dibatalkan. Juga disepakati harga tiket bus AKAP non AC disamakan, namun PO dapat memberikan fasilitas lain sebagai daya tarik konsumen. Ismiyanto juga mengatakan, tarif tiket non ekonomi tidak ada aturannya, namun dikembalikan pasar.
“Dari kesepakatan itu nantinya ada pertemuan rutin. Di pertemuan itu sebisanya membahas permasalahan krusial  yang ada di Wonogiri jangan sampai ada kecemburuan lain sebagainya, dan itu dibahas didalam paguyuban tersebut. Yang jelas kita tidak bisa mengintervensi soal tarif pelayanan,karena itu diluar regulasi,” tuturnya.
Sejauh ini, imbuh Ismiyanto, dinas tak dapat berbuat banyak soal tarif bus AKAP non ekonomi. Namun demikian setelah dibentuknya pegayuban itu, pihaknya bakal ikut melakukan penertiban.
“Nah, beda lagi ketika sudah ada kesepakatan kita akan menertibkan,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge