0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Andri Bobol ATM untuk Pengobatan Ibu

Pembobol ATM ditangkap Jatanras Polda Metro Jaya (merdeka.com)

Timlo.net — Andri (21) dan Sobri (31) diringkus Jatanras Polda Metro lantaran membobol tabungan korban dengan modus mengganjal mesin ATM. Keduanya sudah 40 kali beraksi di wilayah Tangerang.

Salah seorang pelaku, Andri, mengaku melakukan aksi ini untuk biaya pengobatan ibunya di kampung. Dia mengaku hanya diajak rekannya, Sobri.

“Buat biaya ibu berobat di lampung. Jantung pak,” kata dia ketika konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa (22/1)

Modusnya, pelaku menanam tusuk gigi yang dimasukan melalui kartu dummy. Sehingga, ketika ada kartu lain yang masuk akan tertelan. Kemudian, tersangka Sobri berpura-pura sebagai orang yang mengantri di belakang korban, menawarkan bantuan.

“Pelaku berpura-pura membantu dan menghafal nomor PIN milik korban serta menyarankan untuk melaporkan ke pihak Bank,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono.

Lalu, kartu yang tertelan, diambil dengan gergaji besi. Tersangka Andri, menggunakan kartu itu di tempat lain untuk membobol tabungan korbannya.

“Setelah korban pergi, pelaku kemudian melakukan tarik tunai dengan ATM milik korban di tempat lain,” imbuh Argo.

Selama beroperasi, pelaku bisa mendapatkan uang puluhan juta. Tersangka Sobri mengatakan mengaku mendapat Rp 40 juta selama beraksi. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara.

“Bervariasi jadi kalau satu kartu tergantung berapa, ini misal Rp 20 Juta, misal ditarik bisa Rp 5 Juta Rp 10 Juta. Tergantung berapa isi tabungan,” kata Argo.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge