0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Buron Dua Tahun, Calo PNS Abal-Abal Terciduk

Calo PNS Abal-abal Terciduk (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Jajaran Polsek Sukoharjo berhasil menangkap tiga orang pelaku penipuan yang menjanjikan kepada korban bisa masuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pelaku sempat melarikan diri hingga ke Jakarta dan Kalimantan sejak tahun 2015 dan berhasil ditangkap pada Desember 2017 saat pulang ke rumahnya.

“Pelakunya tiga orang yang menjanjikan kepada korban bisa masuk menjadi PNS dengan membayar Rp 150 Juta,” kata Kapolsek Sukoharjo, AKP Parwanto, Selasa (23/1).

Ke tiga pelaku, Atmojo Sumarjo (73), Sandiyo (67) asal Sukoharjo, dan Supriyadi (56) warga Kecamatan Tawangsari. Sedangkan korban bernama, Joko Susilo  (53) warga Dukuh Cemetuk RT 02/RW RW 08, Desa Lorog, Kecamatan Tawangsari.

Dari tangan pelaku utama, barang bukti yang disita antara lain satu buah handphone Strawberry, satu lembar kwitansi tertanggal 22 februari 2015 senilai Rp 5 juta, satu lembar kwitansi tertanggal 3 maret 2015 Rp 10 juta,2 lembar kwitansi tanggal 9 maret 2015 Rp 3 Juta, satu lembar surat pernyataan tertanggal April 2015 dan KTP atas nama Sandiyo.

“Pelaku utama ini dahulu punya usaha pengganda uang dan makelar tanah, namun usaha tersebut bangkrut sehingga pelaku terlilit utang. Rencananya uang dari korban akan digunakan untuk membangun usahanya, dan akan dikembalikan setelah jalan,” tandasnya.

Ketiga pelaku saat ini ditahan di ruang tahanan Polsek Sukoharjo untuk dilakukan proses lebih lanjut dan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ketiganya dikenai Pasal 378 KUHP dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge