0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kota Kecil Ini Ubah Beberapa Bangunan Tua Jadi Perpustakaan

Pemandangan di kota Fjærland. (rd.com. )

Timlo.net—Bila Anda mengunjungi desa terpencil Mundal, kota Fjærland, Norwegia, Anda akan segera terpesona dengan rumah-rumah kayu di sisi sungai. Selain itu juga terdapat pegunungan yang menjulang tinggi yang dilapisi salju. Tapi daya tarik utama kota Fjærland adalah sumber bacaan yang ada di kota itu.

rd.com

Kota itu disebut bokbyen atau kota buku. Desa Mundal dikenal karena memiliki banyak perpustakaan dan tempat penyimpanan buku bersebaran di sana sini. Tapi perpustakaan itu bukanlah perpustakaan biasa. Kota itu hanya dihuni sekitar 300 orang. Tapi ada sekitar 150 ribu buku bekas di kota itu.

rd.com

Sepuluh tahun lalu, Anda hanya bisa menuju Fjærland dengan kapal. Jalan pertama ke kota kecil itu baru dibangun pada 1986. Sekarang ada rute bus ke kota itu dari selatan atau utara. Pada 1995, Fjærland secara resmi dikenal sebagai kota buku di Norwegia. Beberapa bangunan kosong di kota itu diubah menjadi perpustakaan. Ada tempat tunggu ferry tua, toko kelontong tua dan bangunan lain yang dialihfungsikan menjadi perpustakaan. Jika rak-rak buku yang ada dalam kota ditata berjejeran, maka jaraknya bisa mencapai 4 km.

rd.com

Beberapa perpustakaan cukup besar dan membiarkan para pengunjung menghabiskan waktu berjam-jam membaca buku. Sementara yang lain hanya berupa kumpulan ran yang ditata di luar ruangan, tulis Reader’s Digest. Penduduk kota mengandalkan sistem kejujuran untuk para penyewa buku.

rd.com

Kota buku itu resmi dibuka untuk bisnis dari Mei hingga pertengahan September setiap tahunnya. Tapi masyarakat bisa membeli buku dari pustaka ekstensif kota itu secara online sepanjang waktu. Begitu Anda menemukan buku yang ingin Anda baca, Anda bisa duduk salah satu bangku yang ada di kota itu. Tapi kisah seru yang Anda baca dalam buku mungkin tidak bisa mengalihkan mata Anda dari pemandangan indah yang ada di sekitar kota. Dari Fjærland Anda bisa melihat Bøyabreen dan Supphellebreen, bagian dari sungai es terbesar di benua Eropa.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge