0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

1.227 Mahasiswa UMS KKN Pendidikan di Enam Kabupaten

Pelepasan Mahasiswa UMS peserta KKN Pendidikan (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sofyan Anief melepas sebanyak 1.227 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKN-Dik), di halaman depan Gedung Siti Walidah, Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Selasa (23/1)). Mereka menempati lokasi KKN-Dik di 6 kabupaten di wilayah eks Karesidenan Surakarta dan luar Jawa.

“Mereka ditempatkan di PAUD, SD, SMP, SMA dan pendidikan non formal di ranting-ranting Muhammadiyah. Mereka berada di lokasi KKN selama 45 hari,” jelas Rektor UMS kepada wartawan, seusai acara pelepasan.

 Sofyan mengatakan, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen, bahwa Guru harus memiliki 4 kompetensi, yakni profesional, pedagodik, kepribadian dan sosial. Kompetensi profesional dan pedagodik dan sebagian spiritual sudah didapatkan di bangku kuliah, namun untuk sosial diperlukan strategi lain yakni KKN-Dik.

“KKN-Dik ini memiliki fungsi strategis tidak hanya implementasi ilmu pengetahuan yang diperoleh saat kuliah. Namun untuk menyiapkan seorang guru agar dapat memenuhi 4 kompetensi tersebut secara holistik,” paparnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge