0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Dia Juara Umum Kontes Ayam Ketawa Nasional

Kontes Ayam Ketawa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Woder Ground nama ayam ketawa asal Selatiga  meraih juara umum Kontes Ayam Ketawa Nasional yang digelar di Kampus STIE AUB Surakarta. Woder Ground milik Bambang berhasil mengumpulkan 100 poin, menyisihkan Zoro, ayam ketawa asal Denpasar yang mengumpulkan 70 poin.

“Acara ini sengaja kita fasilitasi komunitas pemilik ayam ketawa untuk mengadakan kontes di Solo, tepatnya di Kampus STIE AUB,” jelas Ketua STIE AUB Surakarta Agus Utomo kepada Timlo.net, di ruang kerjanya, Selasa (23/1).

Kontes ayam ketawa ini memang unik. Tentu saja menarik untuk digelar. Selain itu, menjadi ajang silaturahmi dan saling bertukar pikiran bagi penghobi pemelihara ayam ketawa dari seluruh pelosok Indonesia.

Ayam ketawa, menurut Agus, merupakan ayam asli Indonesia yang asal muasalnya berasal dari Sindrap Sulawesi. Ayam ketawa biasanya berkokok dengan intonasi yang khas seperti orang ketawa. “Oleh para penghoby ayam ketawa kemudian dipermak cengkok suaranya, seperti cengkok dangdut, cengkok slow rock, dan sebagainya,” ujar Agus yang juga salah satu penghobi ayam ketawa.

Peserta kontes ayam ketawa nasional kali ini ada 50 yang datang dari Aceh, Sulawesi, Kalimantan, Jakarta, Solo, Bali, dan sebagainya. Saat kontes, ayam-ayam dipasang atau ditenggerkan di atas tiang. Setelah berada di atas tengger, mereka akan saling berkokok.

“Mereka diberi kesempatan selama sekitar 15 menit untuk bersaing dalam kokoknya,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge