0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Rekrutmen PNS, Pemkab Wonogiri Tak Bisa Berbuat Banyak

Ilustrasi PNS (merdeka.com)

Wonogiri — Tahun ini, Pemkab Wonogiri mengajukan ribuan PNS untuk mengisi sejumlah formasi. Hal ini dilakukan menindaklanjuti surat dari KemenPAN RB. Namun lantaran mekanisme penerimaan kewenangan pemerintah pusat, sehingga Pemkab Wonogiri tak bisa berbuat banyak.

“Tahun ini kita ajukan 3.400 PNS, sebagian besar untuk mengisi bidang pendidikan, kesehatan dan teknis infrastruktur,” kata Sekda Wonogiri, Suharno, Senin (22/1).

Berkaca pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pemkab setempat mengajukan sekitar 3.000- an CPNS. Namun hanya diakomodir sekitar 30 PNS saja. Sekda berharap, tahun ini formasi yang diajukan dapat disetujui lebih banyak. Sebab, hampir setiap tahun jumlah PNS di Pemkab Wonogiri banyak yang pensiun.

“Rekrutmen baru atau ngambil dari WB kami tidak tahu, itu kewenangan pusat,” kata dia.

Sementara itu Kepala BKD Wonogiri Rumanti Permanandyiah menyebut, pengajuan PNS ke KemenPAN RB tahun ini sebanyak 3.445 formasi. Terdiri dari bidang kesehatan sebanyak 511 formasi, kependidikan 2.383 formasi, infrastruktur 62 formasi, dan tenaga administrasi sebanyak 997 formasi.

“Dasar pengajuan kita adalah surat dari KemenPAN RB bahwa daerah yang belanja pegawainya kurang dari 50 persen bisa mengajukan rekrutmen PNS, dan kebetulan belanja pegawai kita kurang dari jumlah itu. Ketika bicara soal pengajuan, seperti tahun 2014 kita pernah mengusulkan 3.000 PNS tapi ternyata yang disetujui hanya 30 PNS saja,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge