0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Satgas Anti Kampanye Hitam Telusuri Ujaran Kebencian

Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto (timlo.net/raymond)

Karanganyar – Jelang Pilbup, Polres Karanganyar membentuk Satuan Tugas (Satgas) anti kampanye hitam untuk membendung konten negatif beredar di dunia maya. Satgas ini dikomando Kepala Bagian Operasional (Kabagops) dan Kepala Sub Bagian Humas (Kasubaghumas).

“Personel Satgas akan melakukan cyber patrol atau patroli di dunia maya selama 24 jam full,” kata Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto kepada wartawan, Minggu (21/1).

Mereka efektif bertugas mulai 8 Januari lalu, hingga pelaksanaan pesta demokrasi di Karanganyar usai. Pilkada Karanganyar 2018 akan berlangsung 27 Juni mendatang dengan agenda pemilihan bupati-wakil bupati (wabup) Karanganyar serta pemilihan gubernur-wakil gubernur (wagub) Jateng.

“Tugas utama Satgas Antiblack Campaign memang melakukan cyber patrol, memantau postingan di dunia maya, terutama di media sosial. Sasarannya adalah konten yang mengarah pada pelanggaran UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Seperti ujaran kebencian, hoax atau berita bohong, fitnah, konten yang menjurus ke SARA, dan sebagainya,” katanya.

Menurutnya, dalam hajatan pilkada, pasti muncul rivalitas antara kelompok satu dengan yang lain, berkait pasangan yang didukung. Satu pihak akan mencari titik lemah dari pihak lain, yang ujung-ujungnya bisa digunakan untuk menjatuhkan citra sehingga tidak dipilih saat coblosan nanti.

“Kalau postingan itu ada di akun resmi yang didaftarkan di KPU, maka akan kami teruskan ke Panwaslu untuk tindakan lebih lanjut. Kalau di akun perseorangan, bukan akun resmi, polisi yang akan menindaklanjuti,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge