0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

ASN di Lingkungan Militer Wajib Miliki Ini

Anggota ASN Kodim Solo berlatih baris berbaris sebagai upaya menjadi kekompakan dan rasa disiplin masing-masing anggota  (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Guna membangun kekompakan antar Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kodim 0735/ Surakarta, mereka diwajibkan mengikuti latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dilaksanakan di Lapangan Apel Makodim setempat, Senin (22/1) pagi. Kegiatan yang berlangsung sekitar satu jam ini juga sebagai pembangkit memori bahwa ASN di lingkungan militer wajib memiliki kemampuan baris berbaris yang unggul dan dapat diandalkan.

“Kegiatan ini tak cuma sebagai kewajiban ASN di lingkungan Kodim Solo semata, melainkan juga melatih kekompakan antara anggota ASN satu dengan yang lain,” jelas Bintara Tinggi Operasi dan Latihan (Batiopslat) Kodim 0735/Surakarta, Peltu Kusnanto mewakili Dandim 0735/ Surakarta Letkol Inf Ali Akhwan.

Materi yang dilatihkan, kata Peltu Kusnanto, meliputi latihan penghormatan, jalan di tempat, lencang kanan, latihan perubahan arah, gerakan dari jalan ke berhenti, buka tutup barisan, serta latihan penghormatan umum dan sikap istirahat. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengingat-ingat kembali pada sikap dasar seorang ASN di lingkungan TNI, khususnya Kodim 0735/Surakarta, sebagaimana yang sudah diberikan pada saat pertama kali dilantik sebagai seorang ASN.

“Maka dari itu, jika tidak diasah maka akan lupa. Dan saat digunakan dalam acara resmi tentu akan berantakan,” jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut Peltu Kusnanto, diharapkan mampu memelihara dan meningkatkan disiplin serta loyalitas ASN di lingkungan Kodim Solo dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Jangan sampai, latihan PBB ini dianggap sebagai suatu penyiksaan. Akan tetapi latihan-latihan seperti ini merupakan upaya penyegaran kembali.

“Saya harapkan setiap gerakan yang dilatihkan diikuti dan dilaksanakan dengan serius dan bertanggung jawab.” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge