0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terapkan Bantuan Pangan Non Tunai, Dinsos Siapkan E-Warung

(Ilustrasi) Pembagian Raskin atau Rastra (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Program beras keluarga sejahtera (Rastra) diganti bantuan pangam nontunai. Di Karanganyar, penerapannya mulai Maret mendatang melalui e-warung.

“Diperkirakan mulai Maret berlaku program dari Kemensos itu. Kabupaten Karanganyar masuk tahap dua penerapannya di Indonesia. Kami menyiapkannya dengan pembuatan e-warung di 12 lokasi desa berikut infrastruktur penunjangnya,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto kepada Timlo.net, Minggu (21/1).

Program bantuan pangan nontunai menyasar 56.802 keluarga penerima manfaat (KPM) di Karanganyar yang dulunya dijatah beras untuk keluarga miskin (Raskin) atau beras sejahtera (Rastra). Bantuan nontunai senilai Rp 110 ribu per PKM per bulan ini dapat ditukarkan beras dan telur di 12 e-warung atau toko penyedianya yang bekerjasama dengan mitra perbankan.

E-warung akan tersedia di Desa Tuban, Gondangrejo; Desa Jaten, Jaten; Desa Jatipuro, Jatipuro; Desa Tlobo, Jatoyoso; Desa Seloromo, Jenawi; Desa Gemantar, Jumantono; Desa Kwangsan, Jumapolo; Desa Ngemplak, Karangpandan; Desa Alastuwo, Kebakkramat; Desa Karangbangun, Matesih; Desa Girimulyo, Ngargoyoso; dan Desa Pandeyan, Tasikmadu.

“Dari 26 lokasi e-warung yang diusulkan dibangun, hanya disetujui di 12 desa saja. Di luar itu, mungkin mitra perbankan akan bekerjasama dengan BUMDes atau warung sembako lainnya dalam menyediakan layanan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge