0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Beras Impor Tidak Akan Masuk Jateng Jika…

Kepala Dinas Perdagangan Solo Subagyo, (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Beras Impor kemungkinan besar tidak akan masuk wilayah Jawa Tengah. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagio menanggapi kebijakan Pemerintah Pusat yang membuka keran impor beras menjelang masa panen raya petani.

“Selama cadangan beras di Jawa Tengah masih ada, beras impor tidak akan masuk Jateng. Strateginya begitu,” kata dia, Minggu (20/1).

Keputusan tersebut, lanjutnya, diambil saat Pemkot berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi belum lama ini. Kebijakan di tingkat regional itu diputuskan setelah mengetahui bahwa cadangan beras untuk wilayah Jateng masih aman hingga Februari-Maret mendatang. Sedangkan masa panen raya diperkirakan jatuh di kisaran Maret. Artinya, Jateng tidak akan membutuhkan beras impor.

“Kalau nanti sudah panen, Bulog sudah berkomitmen untuk tetap menyerap beras petani,” kata dia.

Kendati demikian, beras impor masih mungkin masuk Jateng bila ternyata cadangan beras untuk wilayah Jateng habis sebelum masa panen. Hanya saja, mengingak kondisi saat ini, di mana cadangan beras masih berlimpah mendekati masa panen, kemungkinan besar Jawa Tenagh tidak akan membuka pintu untuk beras impor.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge