0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dua Rumah Warga Masaran Nyaris Ambrol ke Sungai Grompol

Rumah warga Desa Sidodadi, Kecamatan Masaran, Sragen nyaris ambrol ke Sungai Grompol (timlo.net/agung widodo)

Sragen — Belasan rumah warga Desa Sidodadi, Kecamatan Masaran, Sragen yang tinggal dibantaran Sungai Grompol khawatir rumah mereka akan mengalami longsor. Bahkan dua rumah warga sudah nyaris longsor ke dalam sungai akibat hujan deras yang terjadi pada Sabtu (20/1) dinihari lalu.

“Longsor terjadi Jumat malam, terdengar suara reguduk di belakang rumah. Saat saya lihat tembok sudah tergantung dan tanah longsor ke kali, saat itu saya tidur di kamar sebelahnya,” kata Suwarno (56), warga Dukuh Sidodadi RT 12, Desa Sidodadi,  Kecamatan Masaran, Sragen, Sabtu (20/1).

Suwarno hanya salah satu warga yang tempat tinggalnya terancam longsor. Menurutnya, tanda-tanda longsor sebenarnya sudah ada setelah hujan turun beberapa hari lalu. Namun baru pada Jumat malam hingga Sabtu dinihari, saat aliran sungai posisi tidak terlalu tinggi, tiba-tiba longsor terjadi.

Dari pantauan di lokasi terdapat delapan rumah warga Dukuh Sidodadi RT 12 yang kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan dua rumah milik Suwarno dan Tugiman (63), sudah sangat berbahaya. Tembok rumah sudah menggantung di bibir sungai tanpa beralaskan tanah.

Sedangkan Tugiman sendiri menuturkan, pada Jumat dinihari juga mengalami longsor. Bahkan bahan material miliknya yang bakal dipakai untuk membangun, seperti semen, pasir dan koral sebanyak 2 dam ikut longsor sia sia.

“Kalau rumah saya di bagian belakang yang terkena, masalah bantuan katanya batunya gak memenui syarat, sampai sekarang malah gak diganti. Ini malah gak jadi ayem, jadi was-was lagi,” tuturnya.

Sementara Plt Camat Masaran, Ancil Sudarto mengatakan, pihaknya akan segera melaporkan ke Bupati Sragen masalah tersebut. Dirinya juga sudah menghimbau kepada warga yang tinggal di pingiran Sungai Grompol untuk waspada atau lebih baik mencari tempat yang lebih aman.

“Kita tetap aturkan kepada bupati, harapan kami bupati bisa segera berkordinasi dengan balai besar terkait longsor ini. Semoga bupati segera memiliki langkah mengenai bencana ini,” kata Ancil.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge