0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hujan Deras, Rumah Warga Paranggupito Ambles

Wonogiri – Pondasi rumah milik Sugiyono (47) warga Dusun Tompak RT 2/RW 2 Desa Ketos Kecamatan Paranggupito roboh, Sabtu (20/1) tiba-tiba ambles. Dikhawatirkan, lubang itu semakin melebar, dan akan membuat rumah utama ambruk.

“Kejadian tersebut dipicu hujan dengan intensitas sedang sejak Kamis (18/1) yang mengakibatkan penurunan tanah di bawah pondasi rumah warga tersebut,” ungkap Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Minggu (21/1).

Disampaikan, kerusakan terjadi pada pondasi teras samping rumah. Tanah tersebut mengalami penurunan sekitar 50 centimeter. Lantai teras rumah ambrol sepanjang enam meter serta dinding kamar ambrol tinggi 2,5 meter lebar tiga meter. Selain itu, lantai dalam rumah ambles sekitar 25 centimer dan sepanjang 5, 5 meter dengan lebar 1,40 centimeter.

“Kerugian ditaksir Rp 4 Juta,” kata dia.

Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pihaknya akan mengirimkan bantuan logistik untuk penanganan paska bencana.

“Untuk antisipasi, lubang tersebut kita timbun dengan batuan, agar tidak ada lagi timbul retakan baru. Selain itu , bagian rumah lainnya agar tidak roboh dipasang tiang penyangga dengan menggunakan bambu,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge