0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Hubungan RI-Jepang Sudah Terjalin 60 Tahun

JK hadiri acara peringatan 60 tahun diplomatik Indonesia-Jepang (merdeka.com)

Timlo.net – Hubungan bilateral Indonesia-Jepang memasuki usia 60 tahun. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, selama ini kedua negara menjalin hubungan dengan baik.

“Peringatan ini dilaksanakan di Hotel Indonesia. Hotel ini sangat penting dalam hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang karena dibangun oleh Jepang yang berhubungan diplomasi dengan Indonesia. Begitu juga hadirin semua memakai batik. Itu tanda persahabatan yang tulus antara Indonesia dengan Jepang,” kata JK dalam acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Sabtu (20/1).

Menurutnya, acara ini penting untuk dilakukan oleh Indonesia. Karena acara ini juga untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan Jepang untuk 100 tahun ke depan atau yang akan datang.

“Bagaimana tentu saya bahagia di sini untuk menyaksikan dimulainya kegiatan perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Besar harapan saya agar rangkaian kegiatan perayaan tersebut dapat membawa manfaat sebesarnya bagi dua negara,” jelas Jusuf Kalla.

JK menambahkan, acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang merupakan kesempatan emas bagi kedua negara. Karena tidak hanya bagi pemerintah saja melainkan juga untuk seluruh kalangan masyarakat.

“Termasuk generasi muda untuk dijadikan momentum ini, sebagai titik tolak untuk mempererat tali persahabatan, baik kemitraan yang dinamis di masa depan. Rentan waktu 6 dasarwasa merupakan rentan waktu yang panjang dalam interaksi antar masyarakat. Di bidang ekonomi kerjasama antar kedua negara sangat baik,” ujarnya.

Dirinya pun menyebut kalau Jepang saat ini menempati peringkat kedua sebagai investor terbesar di Indonesia. Bahkan, telah ada sekitar 1.800 perusahaan berinvestasi dan telah berkontribusi dalam mendorong peningkatan daya saing dan memajukan perekonomian Indonesia.

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh perwakilan Perdana Menteri Jepang Nekei, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti dan mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dan beberapa pejabat tinggi lainnya.

[fik]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge