0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar Sidak Harga Beras

Ganjar Pranowo saat ngobrol dengan pedagang di Pasar Legi (foto: Setyo Pujis)

Solo – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) bersama dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan kota Solo menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Legi, Sabtu (20/1). Dalam kegiatan itu Gubernur dan rombongan tidak hanya mengecek harga komoditas beras kepada sejumlah pedagang, tapi juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang karena pemerintah sudah menyediakan pilihan beras yang lebih murah.

“Kemarin itu kan ada yang protes di medsos (media sosial) soal harga beras yang tinggi, termasuk soal impor. Makanya hari ini mulai dari Pemkot, TPID, Bulog dan yang lain saya ajak untuk turun ke bawah supaya bisa mengecek secara langsung,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kepada wartawan.

Hal itu dilakukan, karena selama ini pemerintah melalui Bulog sudah melakukan upaya untuk melakukan intervensi harga. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar, baik kepada konsumen secara langsung maupun ke pada pedagang.

Dengan operasi pasar itu, Bulog telah menyediakan beras medium dengan harga jual yang cukup murah, yaitu sebesar Rp 9.350 per kilogram.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk menyosialisasikan kepada masyarakat. Bahwa ini lho sudah ada beras yang lebih murah dan rasanya juga enak. Jadi kalau ada yang protes silakan beli yang murah, karena kita sudah menyediakannya melalui operasi pasar ” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang beras di Pasar Legi, Ali menyampaikan, kendati pemerintah melalui Bulog sudah menggelontorkan puluhan ton beras dalam operasi pasar, namun kebanyakan pelanggannya ditempatnya cenderung lebih memilih beras yang lebih mahal dari distributor. Alasannya, karena beras dari Bulog dianggap aromanya kurang sedap.

foto: Setyo Pujis

“Kebanyakan pelanggan kalau untuk dikonsumsi sendiri lebih memilih yang harga Rp 10 ribu hingga Rp 13 ribu per kilogram. Soalnya kalau beras dari Bulog aromanya kurang sedap, karena sudah disimpan terlalu lama,” tandasnya.

Dari pantauan di lapangan, Gubernur bersama rombongan datang ke Pasar Legi sekitar pukul 11.30 WIB. Setibanya dilokasi, mereka langsung mengelilingi pasar untuk menyapa para pedagang. Melihat ada kunjungan langsung dari Gubernur itu, sontak suasana menjadi riuh karena banyak para pedagang yang ingin ikut menyapa.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge