0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Makan Sushi di California, Cacing 167,64 Cm Keluar Dari Bokong Pria Ini

Cacing pita yang keluar dari bokong pria. (nextshark.com)

Timlo.net—Seorang pria asal Fresno, California masuk ke rumah sakit dengan keluhan menderita diare berdarah. Setelah diperiksa, ternyata ada cacing pita salmon Jepang sepanjang 152 cm di dalam perutnya. Dalam episode 8 Januari 2018 dari sebuah siaran medis “This Won’t Hurt A Bit”, Dr. Kenny Banh membagikan bagaimana pria itu meminta dites untuk mengetahui ada tidaknya cacing. “Aku mengambil gulungan tisu..dan membungkusnya di sekitar cacing itu yang jelas terlihat seperti cacing pitang yang besar dan panjang,” ujar Dr. Kenny dilansir dari Nextshark, Jumat (19/1).

Selain diare berdarah, pasien itu juga mengeluhkan kram perut atas. Saat berada di toilet, dia merasa ada sesuatu yang salah. “Saya melihat ke bawah dan terlihat ada bagian usus keluar dari saya,” ujar Kenny mengutip ucapan sang pasien.

Sang pasien itu merasa ketakutan mengira ada ususnya yang keluar. Tapi dia merasa lega saat tahu bahwa benda itu bukanlah usus. Staf rumah sakit meletakkan cacing itu di atas tisu dan mengukurnya. Panjang cacing itu sekitar 5,5 kaki atau 167, 64 cm.

Pasien itu tidak bisa mengingat bagaimana cacing itu bisa masuk. Tapi setelah mendengar apa yang dikatakan pria itu, Kenny bisa menebak asal cacing itu. “Saya makan salmon mentah hampir setiap hari,” ujar sang pria.

Kekuatiran tentang cacing pita salmon Jepang atau Diphyllobothrium nihonkaiense muncul pada Januari 2017. Saat itu sebuah tim peneliti melaporkan penemuan cacing pita pada salmon liar di Alaska. Dr. William Schaffner, profesor dari the Vanderbilt University School of Medicine berkata jika cacing pita Jepang itu berasal dari keluarga cacing pita yang sama yang menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Gangguan itu diantaranya sakit perut, mual, mencret dan penurunan berat badan. Menurut CDC, cacing seperti ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 914 cm. Salah satu komplikasi yang parah adalah penghambatan usus.

Pasien itu hanyalah salah satu dari banyak kasus infeksi parasit dari salmon. Pada 2016, seorang pria Kanada yang membeli salmon mentah dan mengolahnya menjadi sushi mengalami rasa sakit perut yang parah. Setelah diperiksa, sakit itu dikarenakan cacing anisakis. Cacing itu baru bisa dikeluarkan lewat operasi. Pria Fresno itu berkata dia tidak akan makan salmon lagi dalam waktu dekat.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge