0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilgub Jateng

Coklit Data Pemilih, KPU Datangi Kediaman Bupati

Ketua KPU Sragen, Ngatmin Abbas (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data Pemilihan Gubernur (Pilgub) secara serentak pada 20 Januari ini. PPDP juga akan mencoklit seluruh data masyarakat Sragen yang sudah miliki hak pilih, termasuk Bupati, Wakil Bupati dan Ketua DPRD.
“Untuk pertama kalinya PPDP akan mencoklit data pemilih Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Dedy Endriyatno dan Ketua DPRD Bambang Samekto,” kata Ketua KPU Sragen Ngatmin Abbas, Jumat (19/1).
Ngatmin Abbas mengatakan, sebelum melaksanakan tugas akan dilaksanakan apel di halaman KPU Sragen, dilanjutkan pemasangan ban dan topi PPDP.
Sementara ditingkat kecamatan dan kelurahan PPK akan mendatangi tokoh masyarakat setempat, seperti anggota DPRD, budayawan, dan tokoh agama. Coklit ini dilakukan serentak dari tingkat desa sampai nasional.
Abbas menjelaskan, coklit nasional serentak ini untuk pertama kalinya dilakukan sebagai sosialisasi sekaligus pemahaman kepada masyarakat bahwa pendataan Pilkada sudah dimulai.
“Sebagai gerakan nasional KPU, agar masyarakat paham tahapan pemilihan sudah dimulai,” ujarnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, coklit dilakukan petugas dengan mendatangi setiap rumah warga sragen. Setiap PPDP harus mencoklit seluruh warga dalam satu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Coklit ini juga untuk mengoreksi kembali data yang sudah ada.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge