0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Syarat Monetasi Baru YouTube Dianggap Berat

YouTube Go. (gsmarena. com)

Timlo.net—Setelah beberapa masalah yang terjadi pada komunitas YouTube beberapa waktu terakhir ini, Google kembali mengubah kebijakan monetasi mereka yang akan berlaku pada tahun ini. Misalnya, saluran YouTube baru yang ingin mendaftar program YouTube Partner (YPP) harus memenuhi syarat baru. Mereka harus punya 1000 subscriber dan 4000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir. Bila tidak memenuhi syarat, mereka tidak akan diterima YPP. Untuk saluran yang sudah terdaftar program YPP, syarat baru ini juga berlaku untuk mereka mulai 20 Februari 2018. Padahal sebelumnya, mereka hanya perlu 10 ribu kali tonton supaya bisa diterima program YPP.

“Saat pertama kali saya membaca email itu, saya merasa hancur. Saya ingat dulu saat diterima ke dalam the Partner Program adalah hal yang sulit dilakukan. Dan saya bangga bisa diterima. Membaca jika saya bisa dikeluarkan dari program kecuali saya meraih metrik tertentu bulan depan, saya merasa sedih dan marah,” tulis Michael Midnight, seorang YouTuber berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dilansir oleh Nextshark.

“Hal ini menyebalkan untuk mereka yang baru mulai, tapi saya pikir hal itu sangat masuk akal karena angka itu tidaklah cukup membuktikan jika konten mereka bernilai untuk masyarakat,” ujar Joe Joe dari Just Kidding Films.

Paul Muret, vice president of engineering di Google menulis, “Alih-alih menerima hanya berdasarkan jumlah tonton, kami ingin mempertimbangkan ukuran channel, interaksi audiens dan perilaku kreator untuk menentukan jika mereka layak diterima untuk memasang iklan.”

Perilaku saluran-saluran yang diterima YPP juga akan terus dicek. “Kami akan terus mengawasi sinyal-sinyal seperti community strikes, spam dan penyalahgunaan lainnya untuk memastikan mereka memenuhi kebijakan kami. Saluran YPP baru dan yang sudah diterima akan secara otomatis dievaluasi di bawah kriteria yang ketat ini dan jika kami menemukan sebuah channel berulang-ulang atau dengan kurang ajar melanggar panduan komunitas kami, kami akan menghapus channel itu dari YPP,” tambahnya.

Sebuah channel yang memperoleh tiga coretan akan dihapus dari YouTube. Perubahan juga dialami Google Preferred, program untuk channel yang paling populer. Kali ini, mereka akan diulas secara manual. Iklan hanya akan tampil pada video yang memenuhi panduan “ad-friendly” YouTube.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge