0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Wujudkan Pilgub Aman, Ini yang Dilakukan Polres Boyolali

Penandatangan komitmen bersama agar Pilgub berjalan aman dan sesuai asas Pemilu antara Polres Boyolali, KPUD, Panwas dan Parpol (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) Juli mendatang, jajaran Polres Boyolali terus melakukan upaya dalam menjaga kondusivitas keamanan di Kota Susu. Salah satunya dengan menjalin silaturahmi dengan penyelenggaran pemilu, seperti KPUD, Panwas dan Pengurus Parpol.

“Tujuan kita ingin membuat komitmen bersama agar pelaksanaan Pilgub sesuai aturan, tertib dan aman. Yang paling penting kondusifitas tetap terjaga,” kata Kapolres Boyolali AKBP Aries Andie, Jumat (19/1).

Komitmen bersama tersebut, dijelaskan Kapolres, diantaranya berisi sepakat agar Pilgub sesuai asas Pemilu, tidak ada sengketa, perilaku kotor yang mencederai nilai demokrasi. Silaturahmi sendiri nantinya akan diteruskan di tingkatakan kecamatan. Tidak dipungkiri, biasanya di tingkatakan kabupaten kadangkala sudah baik, namun justru sengketa atau konflik muncul di bawah.

“Nanti Kapolsek dan camat yang akan meneruskan ditingkatakan bawah,” imbuhnya.

Di sisi lain, terkait dengan jumlah paslon Pilgub yang hanya dua, Kapolres mengakui situasi akan memanas apalagi dengan masa kampanye yang sangat panjang. Diakui, kegiatan dilapangan nantinya bisa terpantau potensi kerawanan. Namun yang paling sulit dipantau adalah kampanye propaganda di media sosial.

“Kita bentuk Tim Cyber untuk memantau kampanye di Medsos,” tambahnya.

Diakui, kemajuan teknologi seringkali dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita hoax dan mengandung isi SARA. Yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

“Ancaman penyebaran Isu SARA kita waspadai sejak dini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge