0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rastra akan Dicairkan Tanpa Biaya Tebus

Raskin atau Ranstra siap dibagikan kepada warga yang berhak (dok.timlo.net/nanin)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri melalui Dinas Sosial dalam waktu dekat ini bakal mencairkan program bantuan beras sejahtera (Rastra) untuk bulan Januari dan Februari. Selama itu, keluarga penerima manfaat (KPM) tidak dikenai biaya tebus, namun selepas itu program Rastra akan dihapus.

“Rencananya untuk Rastra bulan ini akan dicairkan pada 24-25 Januari dan berikutnya di bulan Februari,” papar Kepala Dinsos Wonogiri Suwartono saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Jumat (19/1).

Jika tahun sebelumnya, kata Suwartono, Rastra dicairkan dalam bentuk  subsidi langsung dari pemerintah dimana penerima manfaat masih dikenai biaya tebus Rp 1.600 perkilonya, masing-masing menerima beras sebanyak 15 kilogram. Akan tetapi tahun ini, Rastra merupakan bantuan sosial (Bansos) sehingga KPM mendapatkan beras dengan kualitas medium gratis tanpa biaya tebus.

“Kalau tahun lalu kan itu namanya subsidi jadi sehingga masyarakat  penerima manfaat masih dikenai biaya tebus, ya namanya subsidi kan beli tapi murah. Tapi untuk tahun ini diganti menjadi bantuan sosial, jadi tidak ada biaya tebus alias gratis, cuma jatah setiap KPM hanya mendapatkan beras kelas medium masing-masing 10 kilogram,” kata dia.

Sementara itu, soal jumlah KPM untuk tahun ini, tidak jauh berbeda di 2017 lalu, yaitu 74740 KPM. Beras Rastra sendiri sudah disiapkan di gudang Bulog, Ngadirojo, Wonogiri dengan jumlah kurang lebih 747 ton

“Awalnya kan hanya 70569 KPM kemudian di 2017 ada tambahan sehingga menjadi 74740, jadi tahun ini pun masih sama jumlahnya. Untuk 2018 belum ada penambahan,” jelasnya.

Ditambahkan, program Rastra akan hanya dicairkan hingga bulan Januari dan Februari, kemudian Maret hingga selanjutnya program Rastra akan dihapus dan diganti dengan program bantuan lain.

“Selanjutnya diganti dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dimana KPM akan mendapatkan kartu semacam ATM yang bisa ditukarkan dengan beras,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge