0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Akibat Aneh Mengkonsumsi Banyak Garam Pada Otak

sudama
Sudama gemar makan garam 1 kg per hari. (Mirror.co.uk.)

Timlo.net—Mengkonsumsi terlalu banyak garam dikatakan merugikan tubuh. Tapi penelitian baru ini menyatakan jika efeknya tidak hanya untuk jantung atau tekanan darah saja. Penelitian itu diterbitkan dalam jurnal “Nature Neuroscience”. Dalam penelitian terungkap jika tikus yang mengkonsumsi terlalu banyak garam mengalami penurunan kinerja mental dan cacat kognitif. Alasannya adalah karena otak mereka kekurangan darah.

Tikus yang memakan makanan tinggi garam terlihat sulit menemukan jalan keluar saat ditempatkan dalam labirin. Tikus itu kemudian berhenti bergerak dan tidak merespon sekalipun kumis mereka ditarik.

Saat dilihat lebih dalam, terjadi peningkatan sirkulasi interleukin-17, sebuah zat peradangan yang bisa mengubah sinyal kimia dalam pembuluh darah di otak. Dr. Constantino ladecola, kepala the Feil Family Brain and Mind Research Institute berkata kepada ABC Australia: “Setelah tiga bulan, tikus menjadi gila. Tikus pada dasarnya sangat penasaran dan mereka suka melihat hal-hal baru jadi seiring waktu tikus kehilangan kemampuan mengenali sebuah obyek normal. Lalu saat tikus membangun sarang, sesuatu yang mereka lakukan setiap hari, mereka tidak bisa melakukannya.”

Dia memperkirakan jika hal serupa bisa terjadi pada manusia. Penelitian sebelumnya menghubungkan makanan tinggi garam bisa membuat fungsi otak hilang. Tapi penelitian tersebut menyatakan hilangnya fungsi otak dikarenakan tekanan darah tinggi.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge