0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dosen UST Raih Gelar Doktor UNS dengan Sangat Memuaskan

Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Ignatius Suprih Sudrajat (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Ignatius Suprih Sudrajat meraih nilai 3,94 dengan predikat sangat memuaskan pada ujian terbuka Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS). Ia berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Pengaruh Faktor-faktor Sosial Ekonomi Terhadap Efisiensi Usaha Tani Padi Organik”.

“Kesehatan lingkungan menjadi isu penting dalam permasalahan lingkungan hidup di era global saat ini, terutama pada pembangunan pertanian berkelanjutan,” ungkap Suprih di depan Dewan Penguji yang diketuai  Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof Dr Ir H Bambang Pujiasmanto MS, di Kampus UNS, Solo, Jumat (19/1).

Suprih mengatakan, pertanian menjadi sektor yang memberi dampak negatif terhadap kesehatan lingkungan, khususnya ketika kebijakan diarahkan pada peningkatan produksi padi melalui program revolusi hijau. Pertanian organik sebagai bagian dari pertanian berkelanjutan diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk memecahkan masalah tersebut. Pertanian organik dipandang sebagai upaya untuk menyelamatkan bumi dari pengaruh pupuk dan pestisida kimia, sehingga menghasilkan makanan yang sehat bagi manusia.

Dijelaskan, pertanian organik, terutama usahatani padi organik merupakan hal yang penting bagi komoditas pangan sehat yang berguna bagi kelangsungan generasi mendatang. “Berbagai penelitian tentang usahatani padi organik telah banyak dilakukan, terutama dalam hal pengaruh faktor ekonomi yang memang memegang peranan penting bagi produktivitas dan dampaknya langsung bagi petani,” ujarnya.

Suprih mengaku, dalam penelitiannya menitikberatkan pada usaha tani padi organik dengan penekanan pada faktor-faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi produksi, biaya produksi, keuntungan dan perilaku petani dalam membuat keputusan menghadapi risiko produksi. Selain itu, penelitian ini juga melihat faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensinya (teknis, alokatif, dan ekonomi), baik dalam produksi, biaya dan keuntungan dengan pendekatan frontir stokastik (cross section data).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge