0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

2040, Norwegia Ingin Semua Penerbangan Jarak Dekat Ditenagai Listrik Sepenuhnya

Bendera Norwegia. (ubergizmo.com )

Timlo.net—Norwegia menjadi perintis dalam pasar transportasi listrik. Buktinya jumlah mobil listrik di negara itu lebih banyak dibandingkan negara manapun di planet ini. Hal ini cukup ironis karena Norwegia juga merupakan penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa Barat. Negara itu juga ingin menjadi yang pertama yang mengadopsi pesawat terbang bertenaga listrik sepenuhnya. Paling tidak untuk penerbangan jarak dekat. Norwegia ingin semua penerbangan jarak dekat di negara itu ditenagai listrik sepenuhnya pada 2040.

Operator bandara di negara itu berkata jika semua pesawat dengan penerbangan jarak pendek di negara itu akan sepenuhnya ditenagai listrik pada 2040. Negara itu ingin menjadi yang pertama di dunia yang beralih menggunakan alat transportasi udara bertenaga listrik, ujar CEO Avinor Dag Falk-Petersen dilansir dari Ubergizmo.

Avinor beranggapan semua penerbangan dengan durasi 1,5 jam bisa ditempuh pesawat hanya bertenaga listrik. Penerbangan dengan durasi itu bisa menjangkau semua rute domestik di Norwegia. Selain itu juga bisa menjangkau penerbangan di kota-kota besar di negara di dekat Norwegia.

Mereka sekarang berencana merilis sebuah tawaran dalam waktu dekat untuk menguji rute penerbangan komersial yang akan diterbangkan dengan sebuah pesawat listrik kecil berisi 19 kursi pada 2025. “Saat kami meraih gol kami, perjalanan udara tidak akan lagi menjadi masalah untuk iklim, itu akan menjadi solusi,” ujar Dag Flak-Petersen.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge