0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Samsung Diselidiki di Italia Terkait Dugaan Kekunoan yang Direncanakan

Logo Samsung. (Ubergizmo.com )

Timlo.net—Apple baru-baru ini menghadapi beberapa tuntutan hukum dan pertanyaan dari pemerintah terkait trik mereka memperlambat iPhone model lama. Sebuah kelompok konsumen di Perancis menuduh perusahaan itu melakukan planned obsolescence atau kekunoan yang direncanakan. Akan tetapi yang aneh sekarang Samsung juga menghadapi tuduhan yang sama di Italia, Ubergizmo.

Menurut pemberitaan Reuters, badan anti monopoli di Italia melakukan sebuah penyelidikan terhadap Apple dan Samsung. Tuduhan yang menimpa keduanya adalah mereka menggunakan pembaruan software untuk memperlambat smartphone mereka. Hal ini membuat para pengguna terpaksa membeli smartphone baru. Apple sendiri sudah mengakui hal ini. Tapi Samsung sebelumnya membantah menggunakan cara yang sama. Pembaruan software yang mereka rilis sebelumnya tidak pernah mengalami masalah seperti ini. Jadi terasa aneh jika sekarang mereka terkena masalah.

Menurut badan itu, Apple dan Samsung merancang planned obsolescence. Planned obsolescence adalah kebijakan komersial umum yang mengambil keuntungan dengan memanfaatkan kelemahan komponen tertentu di dalam produk mereka. Kelemahan itu dimanfaatkan untuk memperlambat kinerja produk. Hal ini mendorong pengguna membeli versi yang baru. Kedua perusahaan itu belum berkomentar terhadap hal ini.

CEO Apple Tim Cook sendiri berjanji jika pembaruan iOS di masa mendatang akan dirubah. Mereka akan mengizinkan pengguna mematikan fitur untuk memperlambat smartphone. Walaupun hal ini berpotensi menyebabkan iPhone mengalami reboot dan mati secara acak.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge