0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

103 Pejabat UPTD Terancam Kehilangan Jabatan

Agus Santosa, Sekda Sukoharjo (dok.timlo.net)

Sukoharjo — Pemerintah Kabupaten Sukoharjo berencana menghapus Unit pelaksana Teknis Dinas (UPTD) menyusul munculnya Permendagri no 12 tahun 2017. Kebijakan ini mengakibatkan 103 pejabat akan kehilangan jabatannya, karena dipastikan ada pengurangan jumlah UPTD dari 190 an menjadi 80 UPTD sesuai kebutuhan saat ini.

“Jumlah total pejabat UPTD sekitar 190-an posisi, dengan struktur baru yang dibutuhkan hanya sekitar 80-an posisi sehingga muncul angka 103 pejabat yang dimungkinkan akan kehilangan jabatan. Ada yang lari ke struktural dan ada juga yang kembali ke fungsional,” kata Sekda Pemkab Sukoharjo, Agus Santosa, Kamis (18/1).

Rencana penghapusan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di Sukoharjo menyusul aturan Permendagri No 12 tahun 2017 tentang Pembentukan dan Pengklasifikasian Cabang Dinas dan UPTD, akan segera dilakukan. Saat ini Pemkab Sukoharjo tengah menyiapkan regulasi dalam hal ini Peraturan Bupati (Perbup) Tentang Penghapusan UPTD.

Seharusnya, Permendagri tersebut harus sudah dilaksanakan per 1 Januari 2018 bersamaan dengan pelaksanaan APBD 2018. Masalah muncul karena rekomendasi dari Gubernur Jateng baru per 27 Desember diterima di bulan Januari dan anggaran 2018 juga sudah ditetapkan.

”Mestinya sudah harus dilaksanakan, ini agak terlambat namu tidak menjadi persoalan karena dasar aturan sudah ada dan jelas. Yang menjadi sedikit perhatian ini karena menyengkut pengganggaran, padahal APBD 2018 sudah jalan, dan bisa dilakukan penyesuaian di APBD Perubahan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge