0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tembok Keraton Jadi Diusulkan Masuk Prioritas Revitalisasi

Seorang abdi dalem sedang menjalankan ritual di sudut tembok keraton yang roboh (timlo.net/heru gembul)

Solo — Prioritas revitalisasi Keraton Surakarta dimungkinkan berubah pascarobohnya tembok Keraton Surakarta di Jalan Sasana Mulya, Senin (15/1) lalu. Kondisi tembok yang sudah rapuh dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan dan warga yang beraktivitas di sekitar Keraton.

“Sebenarnya Pemerintah sudah menyiapkan rencana revitalisasi Keraton sejak tahun lalu. Tapi karena ada kejadian tembok roboh kemarin, bisa jadi rencana itu berubah,” kata Pengangeng Parentah Keraton Surakara, KGPH Dipokusumo, Kamis (18/1).

Mengacu pada rencana revitalisasi dari Pemerintah tahun 2017, sedianya tahun ini revitalisasi akan difokuskan di area Keputren dan Panggung Sanggabuana. Namun lantaran kondisi cepuri alias tembok keliling bagian dalam Keraton yang sudah sangat parah, kemungkinan besar cepuri termasuk bagian Keraton yang akan lebih dahulu digarap.

“Karena ada kejadian force majeur kemarin, kemungkinan bagian tembok juga akan diprioritaskan,” kata dia.

Kendati demikian, bukan berarti area Keputren dan Panggung Sanggabuana tidak akan digarap tahun ini. Hanya saja sampai saat ini pihak Keraton belum tahu pasti anggaran yang akan digelontorkan pemerintah pusat.

“Kalau menurut perhitungan kita, untuk Keputren dan Sanggabuana saja paling tidak Rp 6-9 Miliar. Itu untuk mengganti kayu dan atap saja,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge