0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peneliti Ungkap Trik Supaya Bisa Tidur Lebih Cepat

Tidur. (mirror.co.uk)

Timlo.net—Saat Anda susah tidur, Anda mungkin berusaha mencoba beberapa cara tradisional supaya tidur lebih nyenyak. Misalnya Anda minum susu hangat. Menghitung jumlah domba dalam sebuah gambar. Mematikan seluruh perangkat elektronik sebelum tidur dan membaca buku. Mungkin Anda mencoba mencurahkan seluruh kekuatiran Anda ke dalam tulisan. Atau menulis semua hal yang perlu Anda lakukan keesokan harinya. Ternyata cara terakhir adalah sebuah cara yang baik. Penelitian terbaru menyatakan membuat daftar hal yang harus dilakukan keesokan harinya bisa menolong orang tidur lebih cepat.

Para peneliti meminta 57 mahasiswa untuk melakukan salah satu dari dua hal. Hal pertama adalah menghabiskan lima menit untuk menulis semua hal yang harus mereka lakukan selama beberapa hari ke depan. Hal kedua adalah menulis beberapa hal yang sudah mereka lakukan beberapa hari sebelumnya. Mereka diminta tidur pada pukul 22: 30 dan tidak diberikan akses pada perangkat teknologi apapun. Mereka juga tidak diberi tugas kuliah. Begitu mereka sudah berbaring di tempat tidur, lampu dimatikan. Ternyata mereka yang mendaftarkan semua hal yang harus dilakukan beberapa hari ke depan bisa tidur lebih cepat.

Para peneliti beranggapan jika hal ini terkait dengan kekuatiran kita tentang masa depan. Saat mencoba tidur, kadang-kadang pikiran kita melayang-layang. Kita secara tidak sengaja memikirkan apa yang akan terjadi besok, tulis Metro.co.uk. Tapi perlu diingat jika penelitian ini cakupannya sangat kecil. Hanya 57 mahasiswa tidaklah cukup untuk dijadikan acuan.

Selain itu, semua peserta adalah mahasiswa. Hasil penelitian mungkin tidak bisa diterapkan untuk masyarakat umum. Tapi tentu saja tidak ada salahnya untuk mencoba. Lebih baik menuliskan semua hal yang harus dilakukan besok daripada stres memikirkannya. “Kita hidup dalam budaya 24/7 di mana daftar hal yang harus dilakukan sepertinya terus bertambah dan menyebabkan kita kuatir tentang tugas yang belum selesai saat tidur,” ujar pemimpin penelitian Michael Scullin.

“Ada dua pemikiran tentang hal ini. Pertama adalah menulis tentang masa depan akan membuat kita lebih kuatir tentang tugas yang belum selesai dan menunda tidur. Hipotesa alternatif adalah menulis daftar kegiatan yang harus dilakukan memperingan beban pikiran dan mengurangi rasa kuatir,” terang Michael.

“Kebanyakan orang hanya memikirkan daftar kegiatan yang harus dilakukan di kepala mereka, jadi kami ingin menjelajahi apakah menulisnya bisa melawan kesulitan tidur di malam hari,” tambahnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge