0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Anak SD Jadi Sasaran Kampanye Keselamatan Bersepeda

Sosialisasi safety cycling di SDN Sampangan, Solo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Desi, Siswa Kelas IV di SD Negeri Sampangan, Solo tampak senang mendapat kaos putih bertuliskan “I love biking karena”. Dengan cermat, ia melanjutkan kalimat tersebut dengan kata “menyenangkan”. Dari caranya, tampak jelas ia berusaha menuliskannya seindah mungkin.

“Kebetulan saya memang senang bersepeda. Setiap hari sepedaan di sekitar rumah,” kata anak berjilbab itu.

Tak hanya Desi, puluhan siswa lain pun ikut menuliskan kenapa mereka suka bersepeda. Ada yang suka bersepeda karena sehat, karena hobi, hingga alasan hemat. Semua memiliki alasan masing-masing.

“Harapannya anak-anak semakin senang bersepeda,” kata Kepala SDN Sampangan, Tri Joko Harhyanto.

Menuliskan alasan suka bersepeda di kaos merupakan acara penutup dari kampanye keselamatan bersepeda yang digelar di halaman SDN Sampangan, Kamis (18/1). Sebelumnya, anak-anak mengikuti sosialisasi keselamatan bersepeda di jalan.

Sepanjang acara, anak-anak tampak antusias. Tak heran, materi keselamatan bersepeda dibalut dalam permainan interaktif sehingga tidak membosankan. Anak-anak tampak bergairah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pembawa acara.

Kegiatan ini sendiri merupakan inisiatif Dinas Perhubungan (Dishub) Solo dan komunitas sepeda Solo bekerja sama dengan produsen sepeda lokal, Polygon. “Kami menyambut baik acara ini karena menurut kami sangat penting,” kata dia.

Apalagi, tambahnya, sekitar 30 persen dari 301 siswa SD Sampangan mengendara sepeda sebagai sarana transportasi ke sekolah. Dengan kegiatan ini, anak-anak diharapkan dapat mengerti risiko yang dihadapi di jalan sekaligus cara mengatasinya.

“Cara menyeberang yang benar bagaimana. Itu tentunya akan sangat membantu anak-anak menjaga diri di jalan,” kata dia.

Sementara itu, Assistant Head of Global Marketing Communications Polygon, Yunike Maris mengatakan kegiatan di SDN Sampangan ini mengawali kampanye Safety Cycling yang dilakukan Polygon.  Kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berkelanjutan sepanjang 2018 di berbagai daerah. Kampanye tersebut akan menyasar sekolah-sekolah dari tingkat TK hingga SMA.

“Yang sudah pasti kita akan laksanakan di Makassar, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Kebetulan safety cycling memang menjadi concern kita untuk tahun 2018 ini,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge