0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Cina Bangun Pembersih Udara Terbesar di Dunia

Menara pembersih udara. (scmp.com)

Timlo.net—Cina diberitakan membangun sebuah menara pembersih udara terbesar di dunia. Tinggi menara itu mencapai 100 meter. Hal ini tentunya adalah sebuah berita baik. Cina sendiri merupakan negara paling mematikan terkait polusi udara luar ruangan, menurut data the World Health Organisation (WHO).

WHO memperingatkan jika polusi udara adalah ancaman lingkungan terbesar untuk kesehatan. Polusi udara menyebabkan satu dari sembilan kematian per tahun di seluruh dunia. Setiap tahunnya ada 3 juta orang mati karena pencemaran udara. Kondisi ini bertambah buruk. Di kota Xian di Cina Utara muncul sebuah harapan. Di sana, menara percobaan memiliki efek positif terhadap kualitas udara di wilayah itu, tulis the South China Morning Post.

Cao Junji yang memimpin penelitian terkait menara itu berkata, “Menara itu tidak punya tandingan dalam hal ukuran. Hasilnya cukup memberi semangat.”

Dia berkata hasil awalnya terlihat baik. Di mana menara itu bisa memompa 10 juta meter kubik udara bersih setiap harinya sejak didirikan tahun lalu. Pada musim dingin, penduduk Xian sangat bergantung pada batu bara untuk menghangatkan diri. Hal ini menyebabkan polusi udara semakin buruk. Tapi berkat menara pembersih udara itu, tingkat polusi bisa dikurangi. PM2.5, partikel halus dalam asap yang sangat merugikan kesehatan turun 15 persen selama polusi udara tingkat tinggi.

Pengukuran kualitas udara dilakukan dalam cakupan 10 km per segi di sekitar kota selama beberapa bulan terakhir. Tapi Junji mengungkapkan jika hasil penelitian tidaklah pasti dan uji coba masih terus dilakukan. Sistem pembersih udara itu bekerja dengan cara menarik udara dari rumah kaca di dalam menara dan memanaskannya lewat energi surya. Udara panas itu lalu dikeluarkan lewat menara, melewati lapisan filter pembersih. Sebelumnya menara penghisap asap terbesar di Cina dibangun di Beijing. Tinggi menara itu mencapai 7 meter.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge