0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pilbup Karanganyar

Didatangi Rohadi-Ida, KPUD Sempat Kelabakan

 Pasangan yang diusung PKS-Gerindra, Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Jajaran Komisioner KPU Karanganyar sempat kelabakan mengurus pendaftaran Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih yang diusung PKS dan Partai Gerindra, di detik-detik terakhir jelang penutupan pendaftaran paslon bupati-wakil bupati Karanganyar. KPU harus memastikan keabsahan rekomendasi Partai Gerindra terhadap pasangan tersebut, mengingat sebelumnya Parpol ini mengusung Juliyatmono-Rober Christanto.

“Ada syarat yang harus dipenuhi bakal pasangan calon untuk bisa mendaftar, yakni  memiliki syarat minimal 20 persen dari kursi yang ada di DPRD.  Sementara PKS hanya memiliki 6 kursi, sedangkan Gerindra sudah menyatakan diri bergabung dengan kolaisi 7 partai sebelumnya. Pertanyaan saya, apakah ada surat pengantar pengambilalihan wewenang pencabutan rekomendasi dukungan dari DPC Gerindra Karanganyar kepada DPP Gerindra? Karena rekomendasi Partai Gerindra sebelumnya telah diberikan kepada bakal calon pasangan Yuliatmono – Rober,” tanya Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko dalam menyambut pendaftaran pasangan Rohadi – Ida ke KPU, Kamis (18/1) dinihari.

Proses verifikasi syarat pendaftaran calon berlangsung cukup lama untuk meneliti keabsahan pencabutan rekomendasi DPP Partai Gerindra terhadap Juliyatmono-Rober. Bahkan, KPU Karanganyar  harus berkali-kali konsultasi ke KPU pusat terkait mekanisme pencabutan rekomendasi. Pada pukul 01.57 WIB, KPU mengumumkan bahwa semua persyaratan pencalonan bakal pasangan calon bupati-wakil bupati Rohadi Widodo-Ida dinyatakan lengkap dan dipersilakan mengikuti tahapan Pilkada selanjutnya.

“Setelah kita konsultasi dengan beberapa Komisoner KPU Provinsi serta KPU Pusat, persyaratan pendaftaran paslon yang diusung PKS dan Gerindra sudah ada dan lengkap. Karena semua persyaratan lengkap, maka bisa mengikuti pemeriksaan test kesehatan yang langsung dilakukan pagi ini. Untuk teknisnya akan disampaikan lebih lanjut,” terang Handoko.

Setelah dinyatakan pendaftarannya diterima dan lengkap, tim pasangan bakal calon Rohadi-Ida masih perlu menyelesaikan administrasi di KPU. Proses ini baru rampung sekitar pukul 02.30 WIB.

Sebelumnya meninggalkan KPU, Rohadi sempat mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat yang terus mendorong untuk bisa maju dalam Pilkada Karanganyar.

“Kami sangat terimakasih kepada masyarakat, sehingga bisa maju dalam Pilkada,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge