0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Seperti Apakah Bentuk Bendera Korea Bersatu?

Bendera Korea Bersatu. (indy100.com )

Timlo.net—Dalam sebuah pembicaraan Rabu (17/1), Korea Utara dan Korea Selatan sepakat membentuk tim hoki es wanita gabungan. Tim itu akan berlomba di Winter Olympics 2018 di Pyeongchang yang akan digelar bulan depan di Korea Selatan.

Reuters memberitakan jika tim itu akan berbaris bersama di bawah bendera semenanjung bersatu dalam upacara pembukaan. Pernyataan bersama dirilis oleh kementerian penyatuan di Seoul.  Dalam pernyataan itu, dikatakan jika Korea Utara akan mengirim 550 anggota delegasi termasuk 230 pemandu sorak, 140 seniman dan 30 atlet Taekwondo untuk sebuah demonstrasi.

Delegasi itu dijadwalkan tiba di Korea Selatan pada 25 Januari 2018. Ini bukanlah kali pertama kedua negara itu bersatu di bawah bendara semenanjung Korea Bersatu. Bendera itu menonjolkan bentuk semenanjung dua negara itu dalam sebuah bidang berwarna putih.

Bendera itu pertama digunakan pada 1991 saat dua negara itu berkompetisi sebagai sebuah kesatuan dalam the 41st World Table Tennis Championships di Jepang. Bendera itu juga digunakan pada the 8th World Youth Football Championship di Lisbon pada tahun yang sama. Pada Summer Olympics tahun 2000 dan 2004 serta the 2006 Winter Olympics di Turin. Mereka juga menggunakan bendera itu pada Asian Games pada 2002 dan 2006.

Bendera itu juga dikibarkan dalam the World Student Games oleh para pendukung Korea Selatan selama upacara pembukaan. Bendera itu dikibarkan di depan umum baru-baru ini pada 6 April 2017. Saat itu pendukung Korea Selatan mengibarkan bendera persatuan itu sembari mendukung para atlet Korean Utara selama kejuaraan hoki es wanita dunia IIHF, divisi II, kompetisi grup A di mana kedua negara bertanding di Gangneung.

Korea Selatan menang 0-3 dari Korea Utara, dengan dua gol dilakukan pada babak pertama, dan sebuah gol pada babak kedua. Dua negara itu bertanding sebuah dua negara terpisah pada kompetisi olimpiade sejak the 2008 Summer Olympics.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge