0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jepang Temukan Cara Baru Hasilkan Kopi yang Lebih Enak

Key Coffee. (nextshark.com )

Timlo.net—Ada beragam cara untuk menikmati secangkir kopi. Tapi para pecinta kopi biasanya ingin meminum kopi yang lebih kaya rasa, bukan hanya sekedar kopi yang pahit. Untungnya sebuah perusahaan di Jepang dikabarkan menemukan sebuah teknik baru. Teknik itu diklaim bisa menghasilkan kopi yang kaya rasa dan memuaskan. Perusahaan bernama Key Coffee itu baru-baru ini mengungkap teknik baru mengolah kopi itu.

Buah kopi diperoleh dari sebuah perkebunan kopi di Toraja, Sulawesi segera setelah dipanen. Saat matang, buah kopi akan berubah warna menjadi merah terang. Sementara biji di dalam buah itulah yang diolah menjadi bubuk kopi yang selama ini kita konsumsi, tulis Nextshark.

Biasanya kulit buah kopi akan dikupas dan biji kopi dijemur lalu dipanggang. Tapi perusahaan itu mengembangkan teknik baru disebut “Key Post-Harvest Processing”. Buah kopi dimatangkan dalam  suhu dingin yang nyaris membeku. Key Coffee mengaku jika metode itu membuat biji kopi matang dengan jumlah sukrosa, asam organik yang bertambah dan bebas dari asam amino. Berdasarkan penelitian mereka, cara ini membuat kopi yang sudah dipanggang aroma dan rasa yang lebih penuh.

Produk kopi dengan metode baru ini akan dipasarkan di Jepang pada akhir paruh pertama tahun ini. Sayangnya harga kopi ini tidaklah murah. Biji kopi itu akan dijual dengan harga yang sama dengan brand Toarco Toraja berkelas tinggi. Harganya bisa mencapai $20 (Rp 260 ribu) per pak. Padahal satu pak mungkin memiliki isi 50 persen lebih sedikit dari pak kopi pada umumnya. Key Coffee bertujuan menolong mengembangkan kualitas biji kopi dan mendukung para petani kopi di negara-negara lain dengan teknologi baru itu.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge