0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DKPPD Tak Pegang Data Kebutuhan TKPK

Solo — Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo hingga saat ini belum memiliki data kebutuhan Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kerja (TKPK) Pemerintah Kota Solo tahun 2018. Data kebutuhan TKPK sepenuhnya diserahkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kita hanya mendata kebutuhan tenaga kerja Pemkot secara total berapa. Yang ada sekarang berapa,” kata Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPPD Solo, Lisino Soares.

Dari pendataan tersebut diketahui kebutuhan tenaga kerja tambahan di tahun 2018 ini. Namun mekanisme untuk memenuhi kebutuhan sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing OPD.

“Bisa dipenuhi dengan ASN pindahan dari daerah lain atau bisa juga melalui tenaga kontrak (TKPK) atau outsourcing,” kata dia.

Merujuk Peraturan Walikota No 30-A tahun 2017 tentang Pengadaan Jasa TKPK di Lingkungan Pemkot Solo, pengadaan TKPK dilakukan oleh pejabat atau panitia pengadaan yang ditetapkan oleh Kepala OPD. Menurut Lisino, panitia berwenang menentukan mekanisme seleksi sesuai kebutuhan masing-masing. Meski demikian, panitia tetap harus mengacu kepada Perwali tersebut. Di antaranya, calon TKPK harus be-KTP Solo dan memiliki keahlian dan kecakapan yang diperlukan.

“Setelah perekrutan selesai, baru OPD melapor ke kita,” kata dia.

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada OPD yang melapor kepada BKPPD terkait perekrutan TKPK. Namun secara umum, kebutuhan TKPK didominasi jajaran kelurahan terutama untuk tenaga pengangkut sampah.

“Yang hari ini sudah pengumuman baru Dinas Kesehatan Kota. Mungkin dua atau tiga hari lagi sudah dibuka pendaftaran,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge