0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bulog Siapkan Rp 2,8 Triliun Bangun Banyak Gudang

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,8 triliun untuk pengadaan infrastruktur fisik. Dana tersebut berasal dari penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 2 triliun serta Rp 800 miliar dari dana belanja modal Bulog.

“Kami ada dari PMN Rp 2 triliun, nanti ditambah dari dana investasi sebesar Rp 800 miliar, di luar PMN yang Rp 2 triliun itu. Rp 800 miliar itu dari mana, kami ada laba beberapa tahun terakhir jadi kami akumulasikan ,” ujar Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti di Cirebon, Selasa (16/1).

Djarot menjelaskan, anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk penambahan gudang di daerah-daerah. Kemudian untuk menambah mesin reprocess, hingga pengemasan di gudang Bulog saat ini.

Pada tahun ini Bulog akan menambah 15 gudang untuk komoditi baru dengan kapasitas 25.000 ton beras per gudang. Gudang rencananya akan tersebar di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulwesi Tengah, Maluku, dan Papua.

“Kalau 2017 kemarin kami menambah 35 unit gudang baru dengan kapasitas masing-masing 3.500 ton beras. Ini akan terus kami tambah di 2018 akan menambah gudang flat dan vertikal,” jelasnya.

Sementara itu untuk mesin reprocess atau mesin pengolah gabah dan beras, Bulog akan menambah sebanyak 131 unit di daerah-daerah. Hal ini untuk mengurangi kualitas beras yang berdebu dan memiliki kadar air di bawah rata rata yang telah ditentukan oleh Bulog.

“Kami juga memperbaiki perusahaan dengan pengemasan khusus dan memberi brand. Izinnya sudah berjalan. Kami namakan produk kemasan kami itu ada Beras Kita, Gula Manis Kita, Minyak Goreng Kita, dan sebagainya ini supaya membedakan kalau itu Bulog punya,” tandasnya.

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge