0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Belajar Riset tentang Jamur, Ini yang Dilakukan Para Siswa

Siswa sedang melakukan riset menggunakan mikroskup (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sejumlah siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta belajar riset tentang jamur. Kegiatan pembelajaran berbasis riset tersebut  dikembangkan di sekolah itu untuk membiasakan pada siswa melakukan riset sesederhana apapun.

“Untuk pengembangan sebuah ilmu pengetahuan diperlukan kemampuan penelitian atau riset, dan ini menjadi perhatian kami di sekolah untuk membudayakan sebuah penelitian” ujar Guru SMA Muhammadiyah PK Kotabarat Solo Muhamad Firman kepada wartawan, di sekolah setempat, Rabu (17/1).

Model kegiatan pembelajaran ini, menurut Firman, memberikan kesempatan kepada siswa untuk eksperimen dan melakukan riset sebagai basis memperoleh pengetahuan. Salah satunya meneliti jamur. “Mereka berawal mendapatkan tugas dari sekolah untuk mencari jamur yang tumbuh di sekitar rumah. Jamur tersebut kemudian dibawa ke sekolah untuk di teliti dan diklasifikasikan,” ujarnya.

Tujuan pembelajaran jamur ini, kata Firman, antara lain siswa mengamati berbagai macam jenis jamur, ciri-ciri serta karakteristik jamur. Sehingga siswa mampu mengelompokkan jenis jamur kedalam divisio berdasarkan pengamatan, serta membuat laporan atas kegiatan riset yang telah dilakukan.

Sementara itu, siswa kelas X, Aulia Daffa Ridwan yang melakukan riset mengaku tertantang adanya tugas penelitian terhadap jamur, “Kami belajar mengidentifikasi macam-macam jamur yang ada di lingkungan, seperti jamur tempe, jamur kuping, jamur kayu, jamur merang dan lain sebagainya. Dari kegiatan identifikasi ini, nantinya kami harus bisa membedakan  jenis-jenis jamur yang bisa diolah menjadi makanan, serta jenis-jenis jamur yan beracun” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge