0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tembok Keraton Ambruk, Ini Rekomendasi Tim Ahli Cagar Budaya

Tembok Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ambruk (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Solo melakukan identifikasi terkait robohnya tembok Bangsal Langensari, yang berbatasan langsung dengan kediaman Raja Pakubuwono XIII, di Bangsal Sasana Putra, Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta. Hadiningrat. Dari hasil identifikasi yang dilakukan, TACB menyimpulkan bahwa kondisi tembok di sekitar bangsal tersebut cukup parah.

“Kami dari TACB telah melakukan identifikasi, terhadap runtuhnya tembok tersebut. Kami sudah melihat, dan melakukan pengukuran luasan kerusakannya,” ungkap Ketua TACB Solo, Susanto, Rabu (17/1).

Dijelaskan, tim juga telah menilik bagian dalam dari tembok keraton itu. Tim juga melihat adanya retakan besar yang terjadi pada sisi kanan dan kiri dinding yang ambruk.

“Dari hasil pengamatan, faktor usia dan faktor cuaca sangat mempengaruhi ambruknya tembok ini. Selain itu juga ada desakan dari akar pohon yang berada di sisi dalam dari tembok Keraton,” katanya.

Selanjutnya, kata Susanto, pihaknya akan mengirimkan rekomendasi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai tindakan yang harus diambil guna menyelamatkan tembok yang tersisa.

“Hal ini menjadi kekhawatiran kita, nanti kalau ambruk lagi bagaimana, karenanya kita segera berikan rekomendasi kepada PUPR untuk bisa mengambil upaya penyelamatan. Tapi nanti penanganannya seperti apa di PUPR,” terang Susanto.

Sebagaimana diberitakan, pada Senin (15/1) malam, tembok Bangsal Langensari di komplek Baluwarti RT 02/ RW 01 roboh. Robohnya bangunan menimpa kios ayam bakar yang berada di sisi luar tembok. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge