0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Masa Tanggap Bencana Berakhir, Pemkab Ijinkan Pengungsi Pulang

Wonogiri — Berakhirnya status masa tanggap bencana, Pemkab Wonogiri memperbolehkan pengungsi di Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo untuk kembali ke rumah mereka masing-masing. Meski begitu, pemerintah kini tengah ancang-ancang untuk memastikan relokasi dua wilayah rawan bencana alam.

”Masa tanggap bencana berakhir 5 Januari lalu. Pengungsi diijinkan kembali ke rumah masing-masing. Tentunya peran pemerintah kecamatan untuk melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap potensi permasalahan yang ditimbulkan dari dampak bencana alam,” ungkap Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa (16/1).

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan normalisasi terhadap infrastruktur yang terdampak bencana. Tahap pertama, telah dianggarkan dana BTT Rp 1,9 Miliar untuk pengembalian fungsi utama sarana infrastruktur. Meski demikian upaya ini hanya bersifat darurat.

“2018 Ini sedang kita hitung anggarannya nanti akan kita realisasikan mendahului anggaran. Sementara untuk anggaran dari pemerintah pusat tahap pertama digelontor Rp 700 Juta melalui BNPB, dan tahap selanjutnya kita masih menunggu. Yang jelas, saat ini kita menyiapkan data dampak bencana yang nantinya akan kita presentasikan dihadapan BNPB,” bebernya.

“Ya mudah-mudahan dengan segala dukungan berbagai pihak seluruh penanganan dampak bencana bisa lebih optimal,” katanya.

Bupati Joko Sutopo menambahkan, soal relokasi saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari tim ahli. Pasalnya, tim hingga saat ini belum memaparkan hasil kajiannya, namun untuk pemetaan sebagai tahap awal sudah dilakukan.

“Dua titik yang menjadi fokus relokasi adalah di Kajuman Kecamatan Manyaran dan Desa Dlepih Kecamatan Tirtomoyo,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge