0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Kurang Luas Tampung Barang Sitaan, Begini Kondisi Rubasan Kota Solo

Kepala Rubasan Kota Solo, Sardjono menunjukkan kondisi gudang tempat penyimpanan barang sitaan (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rubasan) Kelas I Kota Solo dinilai kurang representatifuntuk dijadikan lokasi penyimpanan benda sitaan dan barang bukti. Pasalnya, lokasi gudang yang dimiliki hanya cukup menampung maksimal tiga mobil.

“Luas Rubasan ini mencapai kurang lebih 400an meter persegi. Dikurangi kantor, tinggal 200an meter. Itulah, space yang tersedia untuk menampung barang bukti atau hasil sitaan perkara hukum. Paling cukup untuk tiga atau maksimal empat mobil jika dianalogikan. Belum barang bukti yang lain yang sudah ada disini,” jelas Kepala Rubasan Kota Solo, Sardjono saat ditemui wartawan, Selasa (16/1) sore.

Akhir Desember lalu, kata Sardjono, pihaknya mendapat titipan sejumlah perangkat alat pembuatan pil Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) hasil ungkap dari Badan Narkotika Nasional (BNN). Sebenarnya, barang bukti tersebut akan diletakkan seluruhnya di tempat tersebut. Akan tetapi, mengingat keterbatasan tempat dan rawan terjadi kerusakan maka pihaknya meminta untuk dipertimbangkan.

“Kalau saya menolak, tentu salah. Akan tetapi, jika melihat kondisi seperti ini mau bagaimana lagi. Tapi, jika memaksa akan kami kondisikan. Akhirnya, sebagian barang bukti tersebut (mesin pembuat Pil PCC-red) sebagian diletakkan di Mako II Polresta Solo,” jelas Sardjono.

Selain barang bukti tersebut, lanjutnya, juga terdapat sebuah mobil jenis Toyota Yaris AD 8627 RB titipan dari Polres Sukoharjo. Mobil tersebut merupakan hasil ungkap kasus tipu gelap di wilayah hukum Kabupaten Sukoharjo.

“Ada juga mobil jenis Ford Laser B 1130 GL titipan dari Kejari Solo yang mangkrak disini,” ungkap Sardjono.

Meski dengan keterbatasan ruang yang dimiliki oleh Rubasa Kota Solo, pihaknya tetap berupaya maksimal untuk memelihara supaya tetap bias digunakan sebagaimana mestinya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge